fbpx
Logo Szeto Accurate Spesial Ramadhan

Cara Pembebanan Pembelian ke Cost Persediaan di Accurate

Bagikan artikel ini:

Accurate Online adalah sebuah aplikasi software akuntansi dan manajemen keuangan yang digunakan untuk membantu perusahaan mulai dari mengelola keuangan, mencatat transaksi, hingga melakukan analisis bisnis.  

Jika Anda berpikir menggunakan Accurate Online akan sulit, Anda salah! Accurate Online adalah software akuntansi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis yang biasanya tidak paham akuntansi. Tidak seperti software akuntansi lainnya, Accurate Online tidak hanya untuk staf keuangan atau akuntan, sehingga siapapun dapat dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Pada artikel ini, akan dijelaskan cara mudah melakukan pembebanan beban pembelian ke cost persediaan di Accurate Online beserta cara membuat fakturnya bagi Anda yang masih merasa bingung.

Cara Pembebanan Beban Pembelian ke Cost Persediaan di Accurate Online

Untuk transaksi Pembelian Barang dimana ada beban yang harus dikeluarkan untuk pembelian barang-barang tersebut dan beban tersebut akan menambah ke Nilai Persediaan Barang yang dibeli, berikut ini pencatatannya:

Baca juga:   Cara Menyelesaikan Tahapan Proses di Accurate Online

1. Klik menu Pembelian | Faktur Pembelian.

2. Pilih Pemasok Barang dan isi item-item yang dibeli di Tab Detail Barang.

3. Masih di form Faktur Pembelian tsb, ke tab Biaya lainnya, pilih akun beban yang akan dialokasikan ke nilai barang.

Cara Pembebanan Beban Pembelian ke Cost Persediaan di Accurate Online

4. Alokasi ke Barang centang “Ya”. Apabila pemasok barang dan pemasok pembayaran beban berbeda maka isi Tagih ke Pemasok dengan nama pemasok yang mengirimkan barang. Masukkan jumlah beban di kolom jumlah.

5. Untuk mencatat tagihan dari pemasok yang menagih biaya-biaya tsb, kita buat Purchase Invoice terpisah, bisa sesudah atau sebelum tanggal Faktur pembelian barang diatas.

Cara Pembebanan Beban Pembelian ke Cost Persediaan di Accurate Online

Cara Pembuatan Faktur Beban Pembelian di Accurate Online

Berikut cara untuk pembuatan faktur beban pembelian di Accurate Online :

Baca juga:   Cara Menonaktifkan Proyek di Accurate Lite

1. Klik menu Pembelian | Faktur Pembelian, pilih Pemasok yang menagih beban pembelian, lalu Tab Detail Barang bisa dikosongkan.

2. Pada tab Beban lainnya klik Ambil lalu klik Biaya Pembelian. Pilih beban yang akan di bayarkan lalu klik Lanjut.

3. Jika jumlahnya berbeda dengan yang dimasukkan dengan yang ditagihkan maka bisa di klik biaya tsb lalu ganti jumlahnya sesuai yang ditagihkan.

4. Akun selisih dari biaya tsb bisa setting di menu Pengaturan | Preferensi | Pembelian.

5. Untuk Pelunasan ke Pemasok Barang atau ke Pemasok yang menagih Beban, lakukan dari modul Pembelian | Pembayaran Pembelian.

6. Untuk melihat hasilnya apakah benar sudah ditambah dengan beban tsb, bisa dilihat pada menu Laporan | Daftar Laporan | Persediaan | Rincian Nilai Persediaan. Filter untuk barang yang dibeli di Faktur Pembelian yang dimaksud saja, dan filter tanggal sesuai tanggal Faktur Pembelian barang.

Baca juga:   Cara Mulai Tahapan Proses di Accurate Online

Mudah bukan caranya? Jika Anda ingin mempelajari fitur-fitur Accurate Online secara lebih lengkap, Anda juga dapat mengikuti Training Accurate dari kami. Jasa Training Accurate dari Szeto Accurate telah dipercaya melayani lebih dari 5000 perusahaan di berbagai industri. Jadi tunggu apa lagi? daftar sekarang juga!

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.