fbpx
Logo Szeto Accurate Consultants

Cara Menggunakan Preferensi Atribut Tambahan Accurate Online

Bagikan artikel ini:

Accurate Online adalah sebuah aplikasi software akuntansi dan manajemen keuangan yang digunakan untuk membantu perusahaan mulai dari mengelola keuangan, mencatat transaksi, hingga melakukan analisis bisnis.  

Jika Anda berpikir menggunakan Accurate Online akan sulit, Anda salah! Accurate Online adalah software akuntansi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis yang biasanya tidak paham akuntansi. Tidak seperti software akuntansi lainnya, Accurate Online tidak hanya untuk staf keuangan atau akuntan, sehingga siapapun dapat dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Pada artikel ini, akan dijelaskan cara mudah menggunakan preferensi atribut tambahan di Accurate Online bagi Anda yang masih merasa bingung.

Cara Menggunakan Preferensi Atribut Tambahan di Accurate Online

Atribut opsional adalah fitur dari Accurate Online yang memberikan informasi tambahan untuk Wizard Produk dan Layanan, vendor, pelanggan, dan detail produk dan layanan pada formulir.

Contoh barang dan jasa. Terdapat informasi tambahan pada master record barang dan jasa yang tidak dapat ditempatkan oleh Accurate Online, seperti warna atau lokasi barang (nomor berapa yang ada di rak). Anda kemudian dapat memasukkan warna item dan informasi lokasi menggunakan atribut lanjutan di Accurate Online.

Baca juga:   Cara Membuat Kategori Biaya Baru di Accurate Lite

Untuk mengonfigurasi atribut tambahan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik Pengaturan | Preferensi.

2. Klik Atribut Tambahan.

Pada atribut tambahan terdiri dari beberapa tab yaitu Product and Services, Customers, Suppliers, Product and Services Details di form. Atribut opsional ini digunakan sebagai informasi tambahan yang menjelaskan informasi dari produk dan layanan, pelanggan, pemasok, detail produk dan layanan dalam formulir.

Ilustrasinya terlihat seperti ini:

a. Pada gambar di atas untuk tipe karakter kita isi dengan letak elemen, dan pada bagian Options kita isi dengan Rack1, Rack2, Rack3.

b. Pada bagian Number Type, kita isi dengan warna merah, kuning, dan biru. di. Tujuan kami adalah memberikan informasi tentang produk apa yang ada di rak mana dan berapa banyak produk untuk setiap jenis warna (ini terjadi jika produk sama tetapi warnanya berbeda).
Aplikasi seperti gambar di bawah ini.

Baca juga:   Cara Mudah Belajar Software Accurate untuk Pemula

c. Dari produk dan layanan yang Anda miliki, Anda dapat menambahkan atribut tambahan tempat produk ditempatkan. Jika Anda memiliki satu jenis barang tetapi banyak kelompok warna, Anda dapat memberikan informasi tambahan tentang stok Anda saat ini untuk melihat berapa banyak warna merah, kuning, dan biru yang tersisa.

d. Untuk tab lain seperti “Pelanggan” dan “Pemasok”, Anda dapat menggunakan atribut ini untuk kebutuhan informasi, seperti ulang tahun pelanggan Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Anda dapat memasukkan tanggal lahir di daftar klien yang Anda miliki, lalu mengisi informasi tentang ulang tahun klien.

Cara Menggunakan Preferensi Atribut Tambahan di Accurate Online

f. Tab Rincian Barang & Jasa pada form ini didesain untuk memudahkan entry transaksi. Misalnya seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga:   Cara Membuat Penyelesaian Barang Jadi di Accurate Online
Cara Menggunakan Preferensi Atribut Tambahan di Accurate Online

Pada tipe karakter dibuat informasi tambahan dengan detail “Jangan tepuk atau lipat”, kemudian ketika diterapkan akan terlihat seperti ini.

Anda perlu menentukan terlebih dahulu di menu “Desain Formulir” bahwa status kolom “Informasi Tambahan” adalah “Ditampilkan”.

Cara Menggunakan Preferensi Atribut Tambahan di Accurate Online

Jika ya, maka transaksinya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Menggunakan Preferensi Atribut Tambahan di Accurate Online

Saat memasukkan informasi tentang suatu item pada tab Details, Anda dapat memasukkan informasi yang telah ditentukan dalam atribut tambahan (detail produk dan layanan dalam formulir).

Mudah bukan caranya? Jika Anda ingin mempelajari fitur-fitur Accurate Online secara lebih lengkap, Anda juga dapat mengikuti Training Accurate dari kami. Jasa Training Accurate dari Szeto Accurate 

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.